JARING USULAN DARI MASYARAKAT, DESA WONODADI GELAR MUSDES, INI ALASANNYA

BLITAR, wonodadi-blitarkab.desa.id – Pemerintah Desa Wonodadi, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar menggelar musyawarah desa (Musdes) di Kantor Desa Wonodadi, Jumat (23/06/23). Musdes ini diikuti oleh sejumlah perwakilan dari masyarakat desa.

“Musdes ini untuk menjaring usulan-usulan dari masyarakat untuk dilaksanakan pada program yang akan datang,” ungkap Kepala Desa Womodadi, Mahmudi.

Mahmudi menjelaskan, bahwa Musdes ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Musdes dinilainya peting, agar pembangunan desa sesuai dengan keinginan masyarakat Desa Wonodadi.

Selain itu, Musdes ini bertujuan untuk menyatukan visi dan misi antara pemerintah desa dengan masyarakat. “Untuk singkronisasi kegiatan yang akan dilaksanakan kedepannya,” tegasnya.

Dikatakannya, kegiatan desa tidak dapat maksimal pada 3 tahun terakhir, karena pandemi covid-19. Saat ini status pandemi telah berubah menjadi endimi, sehingga kegiatan yang berbasis masyakat dapat dilaksanakan.

Musdes ini juga menyampaikan beberapa rapat kerja pemerintah (RKP) 2023 yang sudah sudah terlaksana maupun yang belum terlaksana. Selain itu juga penetapan penetapan tim penyusunan RKPdes tahun 2023.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Wonodadi, Evi Triana meminta adanya prioritas usulan kegiatan yang bisa dilaksanakan pada 2024 untuk disaring oleh RKPdes dengan melihat singkroniasi dengan RPJMDes dan visi misi kepala desa.

Musdes ini diikuti oleh 70 peserta yang terdiri dari berbagai unsur seperti lembaga desa baik RT, RW, LPMD, BPD, PKK, dan perwakilan pemuda. Hadir pula perwakilan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga pendidikan, dan kelompok tani.