PELANTIKAN ANGGOTA BPD DESA WONODADI

Pada hari Kamis tanggal 19/09/2019 pukul 09.00 WIB, di Pendopo Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar, telah diadakan acara kegiatan pelantikan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Wonodadi, Kunir, Kebonagung, Rejosari dan Jaten periode tahun 2019-2025 yang di hadiri oleh Camat Wonodadi, Polsek Wonodadi , Koramil Wonodadi , Tomas dan Toga, Kepala Desa, Perangkat Desa dan Perangkat Kecamatan Wonodadi serta Kepala Urusan Agama sebagai rohaniawan.Acara pelantikan BPD dipimpin langsung oleh Drs Sutikno selaku Camat Wonodadi. Dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat kepada panitia penyelenggara karena proses pemilihan dan pelantikan BPD dari 5 desa di Kecamatan Wonodadi berjalan lancar, sukses dan sesuai prosedur yang berlaku.

“BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Oleh karenanya anggota BPD diisi berdasarkan keterwakilan wilayah/dusun dan unsur perempuan yang ada di desa tersebut. Anggota BPD terpilih harus mampu menampung aspirasi masyarakat dan sebagai mitra kerja dari pemerintah desa artinya mampu mensinkronkan dari berbagai elemen di masyarakat.”ujarnya.

Camat Wonodadi menambahkan “Badan Permusyaratan Desa (BPD) mempunyai 3 (tiga) kewenangan pokok yaitu : pertama, menyusun dan menetapkan rancangan peraturan desa bersama kepala desa, kedua melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa, ketiga menjaring aspirasi masyarakat ke dusun masing-masing” ujarnya.

Camat Wonodadi juga mengingatkan bahwa tahap pertama yang mesti dilakukan BPD setelah pelantikan adalah membentuk kepengurusan BPD melalui surat keputusan ketua BPD dan disahkan oleh camat. Kepengurusan dimaksud terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bidang-bidang dan anggota. Selanjutnya setelah kepengurusan terbentuk BPD tidak serta merta langsung bekerja, akan tetapi harus membuat tata tertib BPD sebagai dasar pedoman pelaksanaan tugas-tugas BPD.

Secara khusus Camat Wonodadi juga menyampaikan, bahwa tugas berat yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat oleh BPD adalah pemilihan kepala desa serentak 15 Oktober 2019. Tentu ini menjadi tugas berat karena BPD harus ikut mengawasi dalam proses pilkades tersebut dan menjaga netralitas panitia pemilihan kepala.